Tips Memulai Karir di Bidang yang Berbeda dengan Jurusan

By. Lifi - 31 Aug 2023

Bagikan:
img

seleksikerja.id - Memulai karir sesuai keinginan namun di bidang yang berbeda dengan jurusan yang diambil di perguruan tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri. Tentu dalam lowongan kerja terdapat kualifikasi-kualifikasi tertentu salah satunya latar belakang pendidikan. Untuk itu, perlu pertimbangan yang matang sebelum memulai karir pada bidang yang berbeda dengan latar belakang pendidikan.

 

Baca juga: Ini Dia 6 Konsekuensi Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah

 

Namun, sebelum memulai karir di bidang yang berbeda, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain:

 

1. Cari Tahu Minat dan Bakat Anda
Sebelum memulai karir di bidang yang berbeda, cari tahu minat dan bakat Anda terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda memiliki minat di bidang penulisan, maka Anda dapat memulai karir sebagai content writer. Dengan mengetahui minat dan bakat Anda, Anda dapat memilih bidang yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

 

2. Lakukan Riset
Lakukan riset tentang bidang yang ingin Anda geluti. Pelajari tren dan perkembangan terbaru di bidang tersebut. Dengan melakukan riset, Anda dapat memahami lebih dalam tentang bidang yang ingin Anda geluti dan mempersiapkan diri dengan baik.

 

3. Ambil Peluang untuk Belajar
Jika Anda ingin memulai karir di bidang yang berbeda, ambil peluang untuk belajar. Ikuti kursus atau pelatihan yang sesuai dengan bidang yang ingin Anda geluti. Dengan belajar, Anda dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda di bidang yang ingin Anda geluti.

 

4. Buat Resume yang Menonjol
Buatlah resume yang menarik dan menjelaskan dengan jelas tentang pengalaman, keterampilan, dan pencapaian yang Anda miliki. Pastikan resume Anda mencerminkan keunggulan dan potensi yang Anda miliki sebagai kandidat.

 

Baca juga: 3 Tips Membuat Resume Menarik HRD Perusahaan

 

5. Jangan Takut untuk Memulai dari Bawah
Jangan takut untuk memulai dari bawah. Jika Anda ingin memulai karir di bidang yang berbeda, Anda mungkin perlu memulai dari posisi yang lebih rendah terlebih dahulu. Namun, jangan meremehkan posisi tersebut. Gunakan kesempatan tersebut untuk belajar dan membangun pengalaman.

 

6. Jangan Lupakan Tujuan Karir Anda
Jangan lupakan tujuan karir Anda. Pastikan karir yang Anda pilih dapat membantu Anda mencapai tujuan karir Anda di masa depan. Jika karir yang Anda pilih tidak sesuai dengan tujuan karir Anda, maka pertimbangkan kembali pilihan karir Anda.

 

Baca juga: 7 Alasan Pentingnya Memiliki Perencanaan Karir Masa Depan

 

Dalam memulai karir di bidang yang berbeda dengan jurusan yang diambil di perguruan tinggi, pastikan Anda memahami minat dan bakat Anda, melakukan riset tentang bidang yang ingin Anda geluti, dan mengambil peluang untuk belajar. Buatlah resume yang menonjol dan jangan takut untuk memulai dari bawah. Jangan lupakan tujuan karir Anda dan pastikan karir yang Anda pilih dapat membantu Anda mencapai tujuan karir Anda di masa depan.

 

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.








Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp