Putus Kontrak Kerja? Wajib Lakukan Hal ini

Putus Kontrak Kerja? Wajib Lakukan Hal ini

Bagikan ke

Saat ini banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan dengan sistem kontrak. Rupanya hal ini dianggap lazim untuk mengurangi angka pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sistem kontrak ini juga sebagai sarana motivasi karyawan untuk semakin giat bekerja dengan menuai prestasi. Biasanya jika prestasi dan kinerja karyawan tersebut bagus maka perusahaan tidak akan segan-segan memperpanjang kontrak atau menjadikannya sebagai karyawan tetap.

Namun, bagaimana jika perusahaan tidak akan memperpanjang kontrak sementara pengajuan perpanjangan kontrak Anda kepada perusahaan juga di tolak? Lakukan hal ini agar Anda bisa bertahan dan semangat untuk mencari pekerjaan lain:

Mencari Alasan Putus Kontrak

Putus kontrak atau tidak ada perpanjangan kontrak bukan berarti Anda melakukan kesalahan fatal pada perusahaan. Mungkin ada beberapa alasan lain mengapa perusahaan tidak memperpanjang kontrak Anda. Carilah alasan tersebut, jika alasannya berasal dari kinerja dan loyalitas Anda atau cara pandang antara perusahaan dengan Anda yang tidak sesuai maka sebaiknya Anda merenungkan alasan tersebut.

Selesaikan Semua Tugas

Setelah ada keputusan bahwa kontrak kerja Anda tidak diperpanjang bukan berarti Anda bisa keluar begitu saja dari perusahaan. Hal ini justru akan membuat image Anda buruk di mata perusahaan dan atasan. Sebaiknya Anda menyelesaikan terlebih dahulu pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda, atau bisa menjelaskan kepada karyawan lain sehingga mereka yang diserahi estafet pekerjaan Anda tidak kebingungan. Tetaplah bersikap professional agar tidak mempengaruhi karier Anda di perusahaan lain nantinya.

Terus Bersosialisasi dengan Jaringan

Kehilangan pekerjaan bukan berarti Anda harus menghilang dari kehidupan sosial dan kehilangan teman. Dengan semakin bersosialisasi dan membuat jaringan siapa tahu ada peluang kerja yang bisa Anda coba.

Perbarui Resume

Tentunya setelah pernah bekerja, Anda mempunyai banyak pengalaman baik skill atau riwayat pekerjaan. Perbarui resume ada dengan mencantumkan riwayat pekerjaan terkini, serta skill yang baru saja Anda dapatkan di perusahaan sebelumnya. Dengan semakin banyak referensi tentunya Anda memiliki “nilai jual” semakin baik saat melamar pekerjaan lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *