Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan Cara Ini

Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan Cara Ini

Bagikan ke

Dalam segala aktivitas, pasti ada waktu dimana seseorang merasa malas mengerjakan apapun. Di kombinasi dengan rasa kenyang setelah makan siang menyebabkan kantuk, rasa ingin cepat sampai rumah, tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Waktu dimana beberapa pekerja menunjukkan ketidak fokusan mereka pada apa yang sedang mereka kerjakan.

Biasanya rasa malas menyerang pada sore hari sekitar pukul 14.55. Pada waktu ini menurut penelitian di Inggris, banyak pekerjan hanya duduk di depan meja kerja namun tidak mengerjakan pekerjaan mereka. Mereka kehilangan konsentrasi sehingga mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan ngobrol dengan teman, aktif di media sosial, berselancar mencari – cari berita, bergosip, sibuk merencanakan acara malam hari atau akan menyiapkan menu apa di rumah nanti.

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan kondisi pekerja yang sedang berada pada puncak konsentrasi mereka yaitu pada pukul 10.26. Jam ini adalah waktu produktif yang dimiliki pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Nah, sayangnya mereka tidak mampu menjaga produktivitas mereka dengan seimbang, sehingga rasa malas selalu hadir.

Bagaimana mengatasi  rasa malas menyerang mereka saat bekerja? Beberapa tips ini bisa Anda coba untuk mengatasi hal tersebut.

1. Berjalan-jalan Sebentar

Dengan berjalan-jalan di luar ruangan akan membuat mata Anda lebih segar dari sebelumnya. Waktu terbaik untuk berjalan-jalan adalah setelah makan siang, misalnya duduk santai di taman kantor sejenak menghirup udara siang yang segar.

Kemungkinan rasa malas dipicu oleh rasa bosan berada di dalam ruang kerja seharian. Sehingga mereka butuh suasana lain untuk membangkitkan semangat mereka lagi. Selain untuk cuci mata, juga untuk membakal kalori setelah makan siang agar rasa kantuk tidak menyerang

2. Bersih-bersih

Jika saat sore hari Anda bingung dan bosan melakukan pekerjaan Anda, sebaiknya berhentilah bekerja sejenak. Membersihkan ruang kerja, merapikan meja dan rak buku, membersihkan inboks dari spam di email Anda akan mengembalikan konsentrasi Anda yang tadi menghilang.

3. Menelepon

Biasanya mendengar suara seseorang yang dekat dengan kita melalui telepon akan membantu membangkitkan semangat bekerja. Lakukan obrolan singkat pada jam-jam tersebut misanya menanyakan kepada suami, anak, atau pacar tentang rencana malam hari, menu masakan, rencana akhir pecan dan sebagainya.

4. Mendengarkan Musik

Tentunya akan semakin membosankan jika bekerja tanpa ada  suara musik menemani, walaupun disaat-saat konsentrasi tinggi ada beberapa yang tidak bisa mendengarkan musik. Namun dengan musik, bisa membantu meningkatkan mood bekerja Anda.

5. Makan Cokelat atau minum kopi

Kafein cukup efektif menghilangkan rasa kantuk setelah makan siang. Namun jika Anda tidak terbiasa dengan kopi bisa menggantinya dengan dark chocolate. Cokelat jenis ini mengandung lemak sehat sehingga tidak membuat tubuh gemuk, namun antioksidannya bisa mengusir rasa lesu agar terus semangat bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *