Simak ! Keuntungan Kerja WFH

Simak ! Keuntungan Kerja WFH

Bagikan ke

Dunia kerja saat ini memasuki babak baru dari segi flow kerja. Perubahan yang paling utama adalah sistem WFH. Ada anggapan dengan diberlakukannya sistem WFH menghambat kontrol perusahaan kepada karyawannya.

Tetapi kalau dipikir-pikir, ada beberapa keuntungan juga dari sistem WFH ini yang justru meningkatkan laju produktivitas perusahaan bila dijalankan secara benar. Bisa jadi poin-poin ini menjadi catatan buat perusahaan ataupun dalam hal ini tim HRD yang berinteraksi langsung dengan karyawan, sebagai perspektif baru dalam memandang sistem WFH.

1. Fleksibilitas dan Kelincahan

Dengan karyawan tidak lagi terikat dengan kantor, mereka mungkin lebih bisa memaksimalkan sistem kerja fleksibel sehingga jauh lebih bisa maksimal dalam bekerja.

2. Keseimbangan Emosional

Tidak dipungkiri kondisi pandemi ini menyebabkan ketidakstabilan dari berbagai aspek termasuk juga interaksi dengan keluarga dan problematic lainnya. Jika karyawan menjalani WFH, ini memungkinkan mereka menjalani fungsi sebagai karyawan dan anggota keluarga dengan lebih baik. Karyawan juga akan merasakan peningkatan tingkat kepercayaan dari atasan sehingga berkontribusi besar pada loyalitas mereka dalam bekerja.

3. Menarik Bakat Baru

WFH dapat membantu menarik menarik bakat baru dari karyawan. Bisa jadi karyawan menemukan skill baru dalam masa-masa WFH yang mungkin dapat memberikan sumbangsih kepada perusahaan. Karyawan yang kaya akan skill adalah aset perusahaan. Seharusnya perusahaan bisa mengambil kesempatan dari talenta yang dimiliki karyawan untuk pengembangan perusahaan.

4. Mengurangi Pengeluaran Logistik

Ketika karyawan bekerja 100% di kantor, pastinya perusahaan mengeluarkan bujet untuk logistik mulai dari listrik, air, kebutuhan pantry, perjalanan dalam kota atau luar kota, serta kebutuhan-kebutuhan lain selama bekerja offline. Ketika WFH, hal-hal demikian akan dipangkas dari bujet rutin perusahaan. Sebaliknya, dana tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

5. Meningkatnya Motivasi Karyawan

Dengan WFH, karyawan akan merasa lebih dipercaya atasannya karena hubungan kerja tidak diawasi secara ketat dan karyawan diberi otonomi untuk melakukan pekerjaannya. Karyawan juga akan lebih senang mengembangkan rutinitas kerja di rumah yang lebih sesuai dan ini dapat membuat mereka merasa lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik.

6. Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Karyawan

Bekerja dari rumah menghilangkan kebutuhan akan perjalanan ke tempat kerja yang dapat menimbulkan stres bagi karyawan Anda. Penghematan waktu seperti ini juga memungkinkan karyawan endapatkan manfaat kesehatan tambahan seperti tidur tambahan, menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, berolahraga atau menyiapkan makanan yang lebih sehat.

7. Lebih Sedikit Ketidakhadiran karena Sakit

Karyawan lebih cenderung merasa lebih bahagia dan lebih berenergi bekerja dari rumah dan ini berimbas pada lebih sedikit kemungkinan sistem kekebalan terkena dampak negatif dari kelelahan. Fakta bahwa karyawan bekerja dalam isolasi, mengecilkan kemungkinan penyebaran infeksi di lingkungan kantor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *