3 Tantangan Tim HRD di Situasi Pandemi

3 Tantangan Tim HRD di Situasi Pandemi

Bagikan ke

Pandemi Covid-19 telah menghadirkan problematik mulai dari masalah mental, fisik, dan keuangan yang serius kepada siapapun. Perusahaan harus punya strategi baru, terutama tim HRD untuk memastikan karyawan mereka tetap aman sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan semestinya.

Perlu diketahui kalau ada  tiga tantangan utama yang dihadapi oleh para profesional HRD dalam menanggapi situasi pandemi saat ini. Simak selengkapnya di sini!

1. Komunikasi

Dengan informasi dari pemerintah, otoritas kesehatan, dan organisasi tenaga kerja yang terus berubah, perusahaan perlu berkomunikasi dengan karyawan mereka dengan cepat untuk tanggap terhadap perubahan.

CEO dan manajer harus terhubung dengan staf mereka setiap hari dan meyakinkan karyawan bahwa bisnis yang dijalani sudah sesuai dengan pedoman pemerintah dan bagaimana mengimbau karyawan untuk tetap patuh pada peraturan.

Kepastian kesehatan karyawan juga harus dipertimbangkan. Ketika perusahaan hanya beriorientasi pada bisnis tapi memedulikan kondisi karyawan sama saja perusahaan menghambat jalannya roda bisnis. Kalau karyawan sakit, bagaimana usaha bisa jalan sebagaimana mestinya?

Itulah sebabnya perusahaan dengan diwadahi oleh tim HRD harus memperbarui karyawan setiap minggu tentang bagaimana bisnis berjalan dan meyakinkan staf bahwa perusahaan menjalankan usaha sesuai dengan protokol kesehatan.

Bila memungkinkan, perlu juga disediakan ruang bagi karyawan untuk mengobrol seolah-olah di kantor seperti coffee break virtual. Membicarakan banyak hal dengan orang lain akan sangat membantu selama masa sulit ini.

2. Kepercayaan

Banyak perusahaan kini telah beralih ke kerja jarak jauh dan sayangnya ini bukan karena pilihan tetapi perubahan yang membuat mau tak mau sistem jarak jauh ini harus diadopsi. Kepercayaan adalah elemen penting untuk menjalan WFH.

Beberapa teknik dapat meningkatkan kepercayaan lintas departemen. Meeting harian dapat dijadwalkan di mana manajer mendiskusikan prioritas kerja per hari untuk tim dan menanyakan kepada karyawan jika ada hambatan yang mencegah pelaksanaan pekerjaan mereka.

3. Perubahan Kebijakan

Tim HRD bertanggung jawab atas sosialisasi perubahan kebijakan yang disinergikan antara aturan pemerintah dan perusahaan.  Komunikasi yang cepat adalah kunci untuk memastikan bahwa adaptasi bisa segera dilakukan ketika perubahan kebijakan terjadi.  Belajarlah untuk fleksibel bagaimana bisnis tetap jalan tanpa mengabaikan keselamatan karyawan.

Bagaimana? Sudah siap untuk adaptasi sistem baru?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *