Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !

Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !

Bagikan ke

Apa itu Turnover Karyawan?

Turnover karyawan adalah aktivitas pergantian karyawan suatu Perusahaan yang disebabkan oleh faktor penentu terjadinya perpindahan karyawan tersebut baik secara sukarela maupun tidak.

Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Turnover Karyawan

1. Faktor usia

  • Karyawan yang lebih muda lebih mungkin untuk keluar dari perusahaan. Tingkat turnover yang cenderung tinggi pada karyawan yang berusia muda biasanya disebabkan karena karyawan tersebut masih memiliki keinginan untuk mencoba pekerjaan yang lain.

2. Masa kerja

  • Turnover lebih banyak terjadi pada karyawan dengan masa kerja yang lebih singkat. Interaksi dengan usia dan kurangnya sosialisasi awal merupakan keadaan yang dapat memungkinkan terjadinya turnover.

3. Beban kerja

  • Beban kerja yang terlalu berat dapat mengakibatkan karyawan menderita gangguan atau penyakit akibat kerja.

4. Faktor lingkungan

  • Lokasi atau lingkungan kerja yang menyenangkan akan menarik bagi karyawan dan sebaliknya. Termasuk juga pandemi saat ini yang memaksa Perusahaan untuk tetap bertahan dengan mengurangi insentif karyawan maupun PHK.

5. Kepuasan kerja

  • Tingkat turnover juga dapat dipengaruhi oleh kepuasan kerja karyawan.

6. Kepuasan gaji

  • Kepuasan kerja karyawan dianggap sebagai salah satu penyebab karyawan berhenti bekerja. Namun persepsi karyawan terhadap perlakuan tidak adil dalam hal kompensasi atau gaji menjadi penyebab yang lebih kuat.

Turnover karyawan tidak dapat dihindari meskipun Perusahaan telah berkomitmen penuh untuk membuat lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Pasti tetap saja ada karyawan yang mungkin mengundurkan diri. Turnover sangat merugikan Perusahaan karena banyak biaya yang telah dikeluarkan untuk rekrutmen karyawan. Masalah lain dari turnover misalnya turunnya produktivitas yang disebabkan oleh berkurangnya karyawan. Segala hal yang berhubungan dengan karyawan memang cukup rumit yang merupakan tanggung jawab dari tim HRD Perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *