Jangan Minder! Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Fresh Graduate

Jangan Minder! Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Fresh Graduate

Bagikan ke

Dunia pekerjaan memang sengit. Terkadang para lulusan baru atau fresh graduate merasakan minder karena harus bersaing dengan yang berpengalaman. Apalagi sering kali saat lihat iklan lowongan kerja, hampir selalu yang dicari minimal berpengalaman satu tahun.

Eits jangan minder dulu! Boleh jadi memang belum rezeki kamu aja sehingga belum menemukan perusahaan yang membolehkan fresh graduate untuk melamar. Faktanya, perusahaan masih tetap butuh kok lulusan baru. Karena para fresh graduate itu punya keunggulan. Seperti yang diuraikan di bawah ini. Simak terus ya!

1. Gampang dibentuk

Karena memang benar-benar baru lulus dari sekolah atau kuliah, dan belum pernah ada pengalaman bekerja di perusahaan lain, justru lulusan baru ini lebih mudah dibentuk, menyesuaikan dengan budaya kerja perusahaan.

Karena nggak semua perusahaan itu memiliki cara operasi yang sama, lho! Sering kali perusahaan mengalami kesulitan membentuk mereka yang sudah berpengalaman karena selalu membanding-bandingkan antara tempatnya dulu bekerja, dengan yang sekarang.

2. Sangat bisa diandalkan

Karena semangatnya masih menggebu-gebu untuk merasakan seperti apa sih dunia kerja, biasanya lulusan baru ini memiliki etos kerja yang tinggi. Sehingga sangat bisa diandalkan dan produktif.

3. Lebih up to date

Para lulusan baru umumnya lebih paham teknologi terkini. Sehingga bisa jadi aset berharga bagi perusahaan karena bisa mendapat masukan baru dan bukan tak mungkin mampu mengubah sistem yang udah ada jadi lebih efektif.

4. Mudah menerima masukan

Keunggulan lain dari lulusan baru, mereka lebih open minded terhadap masukan dari sekitar. Karena masa-masa inilah mereka berusaha menggali pengalaman lebih dalam.

Sementara orang yang sudah berpengalaman, apalagi pengalamannya sudah lama, umumnya memiliki ego lebih tinggi. Sehingga kalau diberi masukan suka malah defensif. Padahal sih niatnya bukan meremehkan, tapi bukankah tiap hal selalu ada celah kemungkinan untuk lebih baik? Jadi harusnya nggak anti kritik, kan?

5. Miliki pemikiran yang baru

Keunggulan lain dari seorang fresh graduate adalah, pemikiran-pemikirannya masih baru, sehingga bisa memberi ide-ide segar bagi perusahaan. Seperti diketahui, untuk tetap maju dan mampu bersaing di dunia usaha, perusahaan harus inovatif. Karena itu adanya wajah dan pemikiran baru, akan sangat disambut bagi perusahaan.

Nah, semoga dengan uraian di atas, kamu nggak lagi minder ya! Kesempatan itu akan selalu terbuka kok buat yang yakin. Jangan pernah putus harapan untuk dapatkan pekerjaan impianmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *