3 Alasan Mengapa Kegiatan Magang Penting Bagi Mahasiswa

3 Alasan Mengapa Kegiatan Magang Penting Bagi Mahasiswa

Bagikan ke

Ketika menjadi mahasiswa, banyak kegiatan di luar kampus yang bisa kamu ikuti untuk mengisi waktu. Selain mengikuti organisasi dan kepanitiaan, kamu juga bisa mengikuti program magang yang dibuka oleh suatu perusahaan.

Kegiatan magang atau internship akan menjadikanmu mendapatkan banyak hal sebelum melangkah ke jenjang karir selanjutnya, lho!

Berikut adalah 3 alasan mengapa magang penting dan dapat memberikanmu banyak keuntungan:

1. Mengembangkan skill

Saat kamu menjalani program magang, kamu akan lebih banyak mengenal beragam keterampilan, kelebihan, serta kelemahanmu. Hal ini disebabkan karena saat magang, kamu akan mendapatkan feedback dari atasan ataupun rekan kerja terkait performamu dalam pekerjaan. Melalui feedback tersebut kamu dapat mengevaluasi diri secara mandiri sekaligus mengasah keterampilanmu.

2.Membangun networking

Ketika kamu menjalankan program magang, tentunya kamu akan berhubungan dengan banyak orang. Bisa saja kamu mendapatkan tugas untuk menghubungi seseorang dari kantor lain atau bahkan turut serta dalam event tertentu.

Saat itulah kesempatan bagi kamu untuk bisa mendapatkan networking secara maksimal. Networking yang telah kamu bangun tidak menutup kemungkinan akan menjadi suatu hal yang bermanfaat di kemudian hari.

3.Pengalaman kerja

Jika kamu sudah menjadi fresh graduate nanti, pastinya kamu akan mencari pekerjaan. Sebagian besar lowongan kerja memiliki kualifikasi “harus berpengalaman”. Dengan mengikuti magang, maka kamu telah memenuhi satu kualifikasi tersebut.

Selain itu, pengalamanmu selama magang juga akan sangat membantumu menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.Misalnya saja tata cara menghubungi atasan, berkomunikasi dengan rekan kerja, dan sebagainya.

Nah, itu dia 3 alasan penting mengapa magang sangat penting untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa. Akan tetapi, kamu harus pintar membagi waktu antara magang dengan kegiatan perkuliahanmu. Jangan sampai kamu mengabaikan tugas-tugas kuliahmu karena sibuk mengikuti magang ataupun sebaliknya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *