Pengertian Semangat Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Semangat Kerja Menurut Para Ahli

Bagikan ke

Dalam pengertian di atas ada beberapa ahli yang ikut serta dalam berpendapat mengenai pengertian semangat kerja tersebut, diantara para ahli meliputi :

  1. Menurut Richard M. Steers terjemahan Nia Magdalena Yamin berpendapat semangat kerja adalah : “Kecenderungan anggota organisasi berusaha lebih keras mencapai tujuan dan sasaran organisasi termasuk perasaan terikat”.
  2. Alex S. Nitisemito bependapat semangat kerja adalah: “Melakukan pekerjaan secara lebih giat sehingga pekerjaan dapat diharapkan lebih cepat dan lebih baik”.
  3. The Liang Gie, Cs. berpendapat bahwa: “Moral atau semangat kerja diartikan sebagai sikap dan perasaan yang menimbukan kesediaan pada sekelompok orang yang bersatu padu secara erat dalam mencapai tujuan bersama”.
  4. George D. Hasley terjemahan Anaf S. Bagindo berpendapat bahwa morale atau semangat kerja adalah : “Sikap kesediaan perasaan yang memungkinkan seseorang pekerja untuk menghasilkan kerja yang lebih banyak dan lebih baik tanpa menambah keletihan, yang menyebabkan dia dengan antusias ikut serta didalam kegiatan-kegiatan dan usaha-usaha kelompok sekerjanya”

Dari pendapat-pendapat tersebut di atas, menunjukkan bahwa moral kerja atau semangat kerja sangat berhubungan dengan persoalan perasaan dari seseorang di dalam melakukan pekerjaannya dengan lebih giat untuk dapat menghasilkan kerja yang lebih baik, lebih banyak, dan lebih cepat tanpa menambah keletihan.

Dengan demikian, maka semangat atau moral kerja sangat berkaitan dengan suasana atau keadaan di mana sikap dan perasaan dari seseorang atau kelompok orang yang merasa terikat untuk melakukan pekerjaannya dengan cara bekerja sama, berdisiplin, mempunyai kepuasan, jaminan keamanam dan lain-lain sehingga dapat meningkatkan hasil kerja yang lebih banyak, lebih baik dan lebih cepat dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Dari pendapat yang dikemukakan oleh para ahli di atas,perlu kita sama-sama mengetahui kembali bahwa segala sesuatu yang muncul selalu dilandasi atau dipengaruhi oleh beberapa faktor, begitu juga dengan semangat kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *