Cara Mencari Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Cara Mencari Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Bagikan ke

Passion

Hal pertama yang perlu kalian cari tahu adalah minat pribadi kalian pada bidang yang kalian suka, banyak orang mengatakan bahwa setiap pekerjaan yang mengikuti passion itu lebih baik karena kalian melakukan semuanya dengan bahagia atau sebaliknya jika pekerjaan kalian tidak sesuai minat maka kalian akan merasa terpaksa dan menderita. Walaupun pendapat demikian tidak selalu terbukti benar, mengikuti passion pasti akan membuat pengaruh besar pada setiap kegiatan yang kalian lakukan.

Pertajam skill dan pengetahuan

Bukan hanya ijazah yang berpengaruh pada proses perekrutan karyawan, skill dan pengetahuan yang kalian miliki adalah faktor paling penting yang dinilai oleh bagian yang akan interview kalian. Skill merupakan amunisi kalian untuk bersaing dengan fresh graduate lain, semakin banyak bidang yang kalian kuasai, makin mahir kalian dengan bidang yang biasa kalian geluti maka makin baik penilaian yang akan diberikan.

Perbanyak jaringan pertemanan

Semakin banyak informasi tentang lowongan pekerjaan pastinya ini akan mempermudah kalian menemukan pekerjan yang tepat, oleh karena itu perluas jaringan pertemanan kalian atau hubungi kembali kerabat yang sudah lama tidak berjumpa. Selain ini akan berguna untuk kalian saat kalian belum bekerja, jaringan yang kalian bangun sejak dini akan sangat bermanfaat untuk kalian nantinya.

Pilih perusahaan yang tepat

Impian semua orang berada di perusahaan yang menyenangkan dan nyaman seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ini yang harus menjadi challenge kalian sebagai fresh graduate untuk mencari perusahaan yang bukan hanya menjadi tempat kalian mencari nafkah tetapi bisa menjadi rumah kedua, tempat kalian merintis karir, tempat kalian mengembangkan bakat, yang peduli dengan kesejaterahan kalian.

Berikan kesan terbaik saat wawancara

Wawancara antara pihak perusahaan dan calon karyawan adalah prosedur umum perekruitan karyawan, oleh karena itu alangkah lebih baik kalian mempersiapkan semua hal dengan baik. Contohnya cara kalian berpakaian, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar menggunakan pakaian formal maka persiapkanlah pakaian yang layak ketika melakukan wawancara.

Syarat lain seperti alat tulis dan berkas dokumen tidak kalah penting, tetapi umumnya pihak peusahaan akan memberi tahukan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh calon karyawan.

Saat memulai wawancara jawablah semua pertanyaaan dengan benar dan pastikan kalian sangat yakin bahwa jawaban yang kalian berikan itu benar. Jika perusahaan yang kalian lamar adalah perusahaan yang kalian inginkan maka jangan ragu untuk memberi tahukan kepada mereka bahwa kalian sangat menginginkan kerja di tempat tersebut dan akan memberikan semua kemampuan terbaik kalian untuk perusahaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *