5 Hal Yang Perlu Diingat Bagi Pelamar Fresh Graduate

5 Hal Yang Perlu Diingat Bagi Pelamar Fresh Graduate

Bagikan ke

5 Hal Yang Perlu Diingat Bagi Pelamar Fresh Graduate

Senang atau gembira pasti dirasakan setiap orang yang baru saja diwisuda lulus sarjana atau diploma. Tapi, rasa senang itu biasanya hanya sesaat saja. Sebab, masih ada satu “PR” yang harus dilakukan, yakni mencari pekerjaan. Jika kamu saat ini berstatus fresh graduate dan belum mendapatkan pekerjaan. Jangan takut. Karena kamu bisa mempersiapkan diri agar siap untuk terjun di dunia kerja. Tapi, gimana caranya agar bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan atau minat dan bakat? Sebelumnya, kamu harus memahami 5 hal ini ketika kamu menjadi fresh graduate. Dilansir dari edukasi.kompas.com, ini 5 hal bagi kamu para fresh graduate agar siap kerja:

  1. Berani dan tidak takut gagal

Ketika kamu baru saja lulus kuliah, maka segera mencari pekerjaan sebanyak-banyaknya. Kamu harus berani mencoba dan tidak takut gagal. Jika ternyata kamu tak diterima di suatu perusahaan, maka jangan patah semangat. Sebab, masih banyak orang yang punya pengalaman kerja tetapi juga ditolak berkali-kali ketika melamar pekerjaan. Jadi, kamu sebagai fresh graduate harus punya semangat lebih karena penolakan itu adalah hal wajar.

  • Jangan terlalu idealis

Biasanya, seorang fresh graduate memiliki idealisme yang tinggi. Ini boleh saja, tetapi jangan terlalu idealis. Diharapkan, kamu agar tidak melupakan realita. Hal ini bisa dicontohkan ketika kamu memiliki band dan sudah sukses, tetapi kamu hendaknya tidak melupakan realita bahwa kamu juga butuh pekerjaan yang tetap. Jadi, boleh saja mengejar idealisme tetapi jangan melupakan realita ya.

  • Harus maksimalkan usaha

Jika kamu sebelumnya mencari pekerjaan hanya lewat lowongan kerja di internet saja. Maka sekarang kamu juga harus memaksimalkan usahamu. Caranya dengan mencari info job fair dan mendatanginya. Di sana, tentu ada banyak info lowongan pekerjaan. Kamu juga bisa langsung mengikuti tes jika ada perusahaan yang membuka tes secara langsung, seperti tes tulis atau wawancara.

  • Mengasah skill

Ada cara manjur yang bisa dilakukan jika kamu belum mendapatkan pekerjaan. Apa itu? Jawabannya ialah mengasah skill yang kamu miliki. Bahkan kamu juga bisa mencari skill baru dan diasah lagi. Hal itu bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai macam kegiatan. Contohnya jika kamu punya skill menggambar, maka kamu bisa asah skill itu dengan cara mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan menggambar. Skill barunya ialah kamu bisa membuat desain grafis yang ilmunya bisa didapat dari teman lain atau belajar dengan ahlinya.

  • Jangan bermalas-malasan

Hal yang terakhir ialah ketika kamu menjadi fresh graduate dan belum mendapatkan pekerjaan, kamu harus tetap semangat dalam hal apapun. Diharapkan, kamu jangan bermalas-malasan ketika di rumah atau jangan bersantai-santai ria. Sebab, jika terlalu lama bersantai kamu akan merasa malas untuk melakukan apapun. Bahkan bisa malas untuk mencari pekerjaan dan akhirnya jadi pengangguran. Tapi jangan sampai ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *