Pahami terlebih dahulu pengertian tentang Ketenagakerjaan, sebelum bekerja

Pahami terlebih dahulu pengertian tentang Ketenagakerjaan, sebelum bekerja

Bagikan ke

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, ketenagakerjaan berasal dari kata tenaga kerja yaitu orang yang bekerja atau mengerjakan sesuatu.

Untuk bisa memahami apa itu ketenagakerjaan kita coba menelaah pengertian dari beberapa ahli :

  1. Soetikno mengatakan hukum perburuhan adalah keseluruhan peraturan hokum mengenai hubungan kerja yang mengakibatkan seseorang secara pribadi ditempatkan  dibawah perintah/pimpinan orang lain dan mengenai keadaan-keadaan penghidupan yang langsung bersangkutpaut dengan hubungan kerja tersebut.
  2. Imam Soepomo mengatakan hokum perburuhan adalah himpunan peraturan, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang berkenaan dengan kejadian saat seseorang bekerja pada orang lain dengan menerima upah.
  3. M.G. Levenbach menyatakan hokum perburuhan adalah hokum yang berkenaan dengan hubungan kerja, yakni pekerja dibawah pimpinan dan dengan keadaan penghidupan yang langsung bersangkutpaut dengan hubungan kerja itu.

Dalam Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 pun juga disebutkan pengertian tenaga kerja dan ketenagakerjaan. Menurut UU Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 1 angka 1 disebutkan pengertian ketenagakerjaan yaitu segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama dan sesudah masa kerja. Sedangkan pengertian tenaga kerja tercantum dalam pasal 1 angka 2 dalam undang-undang ini yaitu setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

Dengan begitu pengertian dari hukum ketenagakerjaan adalah kumpulan peraturan dan kaidah yang mengatur mengenai orang-orang yang mampu melakukan pekerjaan yang menghasilkan barang dan/atau jasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *