Aktivitas Persiapan Kandidat Pelamar Agar Sukses Diterima Kerja

Aktivitas Persiapan Kandidat Pelamar Agar Sukses Diterima Kerja

Bagikan ke

Dibuat oleh Fieky Fansuri, 16 Oktober 2020

Hi sobat SIKERS!
Buat kamu yang ingin cepat dapat kerja
Sebaiknya kamu harus memahami aktivitas recruitment di suatu perusahaan
Jadi penasaran kan tentang aktivitas recruitment di suatu perusahaan?
Bersama saya Fieky Fansuri
Kita akan bahas seputar masalah rekrutmen di sini
Yuk, mari kita mulai!

Terimakasih sobat SIKERS!
Sobat SIKERS! Sekarang kita akan membahas tentang aktivitas pelamar yang melamar di perusahaan

Kegiatan atau aktivitas pelamar di suatu perusahaan tidak lain mempersiapkan diri dan sudah pasti
menyiapkan berkas-berkas apa saja yang harus dibawa atau dipersiapkan
Berkas-berkas lamaran yang dipersiapkan dapat berupa
a. Hardfile atau berkas lamaran yang sudah di cetak (offline)
Hardfile ini biasanya digunakan pelamar pada saat melamar langsung ke perusahaan yang mereka tuju
Hardfile ini juga harus memenuhi syarat-syarat berkas lamaran seperti
Foto diri sesuai ukuran yang diminta
Foto copy KTP
Foto copy NPWP
Foto copy SIM jika diminta
Surat lamaran
Curriculum Vitae
Kartu Keluarga
Ijazah pendidikan terakhir
Transkrip nilai pendidikan terakhir
Sertifikat dan piagam penghargaan yang diikuti
Paklaring perusahaan

b. Softfile atau berkas lamaran yang belum dicetak atau masih terdapat di database (online)
Softfile ini biasanya digunakan pelamar pada saat melamar melewati media info lowongan
seperti melamar lewat Jobportal, yaitu Jobstreet, Karir.com, dll
Softfile ini juga harus memenuhi syarat-syarat berkas lamaran seperti hardfile,
namun ada yang membedakan yaitu pada softfile ini, yaitu pelamar diminta untuk men-scan berkas
lamaran ke dalam bentuk PDF
Hal ini bertujuan agar data para pelamar aman tidak bisa diretas oleh orang lain
Setelah itu pelamar mengirimkan hasil scan tersebut ke media iklan lowongan atau ke
email recruitment perusahaan, lalu kirim atau upload

Di luar aktivitas pelamar menyiapkan berkas-berkas lamaran secara offline atau online
Pelamar juga harus menyiapkan informasi lowongan kerja dibeberapa perusahaan yang membuka
info lowongan pekerjaan
Yaitu seperti mencari informasi lowongan secara offline atau online
Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, informasi lowongan terdiri dari :
a. Informasi media iklan lowongan kerja
– Iklan lamaran disurat kabar,
contoh : biasanya untuk iklan lowongan ini ada di media cetak, seperti koran atau majalah
– Iklan lamaran di situs jobportal
contoh : Jobstreet, Karir.com, JobsDB, Jobs.id, Karir.com
– Iklan lamaran di media sosial
contoh : Whatsapp, Facebook, Instagram, Telegram, dll
– Media career center Kampus
contoh : registrasi atau aktivasi di web karir Kampus
b. Malamar secara langsung atau di tempat (on the spot)
– Hadir di event Jobfair Akbar
– Hadir di event Jobfair Sekolah atau Kampus
– Mencari lowongan secara langsung di Perusahaan yang ingin dilamar
– Mengikuti walk in interview
c. Informasi Langsung dari Pihak Internal Kantor Yang bersangkutan
– Dalam beberapa kasus, perusahaan membuka lowongan internal melalui karyawannya
– Pelamar dapat memasukan berkas lamaran secara manual dengan mengirimkan berkas lamaran
ke alamat kantor tersebut

Demikian penjelasan saya mengenai aktivitas recruitment di suatu perusahaan
Semoga sobat SIKERS sukses dan cepat mendapat pekerjaan
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komen di kolom komentar di bawah ini

Salam sukses sobat SIKERS!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *