Cara Mencari Lowongan Pekerjaan bagi Calon Pelamar

Cara Mencari Lowongan Pekerjaan bagi Calon Pelamar

Bagikan ke

Hi sobat SIKERS!
Buat kamu yang ingin cepat dapat kerja
Sebaiknya kamu harus memahami aktivitas recruitment di suatu perusahaan
Jadi penasaran kan tentang aktivitas recruitment di suatu perusahaan?
Kita akan bahas seputar masalah rekrutmen di sini
Yuk, mari kita mulai!

Terimakasih sobat SIKERS!
Sobat SIKERS! Sekarang kita akan membahas tentang tips mencari kerja bagi calon karyawan

Informasi perihal lowonga pekerjaan dapat di ketahui oleh para pencari kerja melalui beberapa cara, yaitu
a. Memilih iklan lewat media lowongan
– Iklan lamaran disurat kabar,
contoh : biasanya untuk iklan lowongan ini ada di media cetak, seperti koran atau majalah
– Iklan lamaran di situs jobportal
contoh : Jobstreet, Karir.com, JobsDB, Jobs.id, Karir.com
– Iklan lamaran di media sosial
contoh : Whatsapp, Facebook, Instagram, Telegram, dll
– Media career center Kampus
contoh : registrasi atau aktivasi di web karir Kampus
b. On the spot
– Hadir di event Jobfair Akbar
– Hadir di event Jobfair Sekolah atau Kampus
– Mencari lowongan secara langsung di Perusahaan yang ingin dilamar
– Mengikuti walk in interview
c. Informasi Langsung dari Pihak Internal Kantor Yang bersangkutan
– Dalam beberapa kasus, perusahaan membuka lowongan internal melalui karyawannya
– Pelamar dapat memasukan berkas lamaran secara manual dengan mengirimkan berkas lamaran
ke alamat kantor tersebut

Setelah mengetahui informasi adanya lowongan pekerjaa dari masing-masing media tadi, .
sobat Siker perlu gerak cepat untuk dapat kerjaan
Kemudian untuk lebih cepat dalam mendapatkan kerja biasanya para pencaker semestinya
mempertimbangkan pula masalah :

a. Latar belakang pendidikan calon pelamar
Biasanya latar belakang pendidikan menjadi pertimbangan suatu perusahaan dalam mencari karyawan
Hal ini beralasan dari kesesuaian pendidikan suatu pelamar dengan bidang yang akan menjadi
pekerjaan rutinnya
Sehingga harapan suatu perusahaan tidak lagi perlu membuang-buang waktu untuk memberikan
edukasi pekerjaan bagi calon karyawan barunya nanti
Jadi lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan bila pencari kerja memiliki latar belakang pendidikan
yang sama dengan bidang kerja yang ditawarkan

b. Pengalaman pencari kerja
Pengalaman kerja dari seseorang pencari kerja bisa menjadi nilai tambah untuk mempermudah
mencari pekerjaan
Biasanya calon pekerja yang sudah memiliki pengalaman kerja, mempunyai pertimbangan karir untuk
mencari pekerjaan baru
Perusahaan juga memiliki harapan yang lebih besar bagi mereka calon karyawan yang berpengalaman
Namun perlu diperhatikan bahwa pengalaman kerja seseorang bisa juga menjadi pertimbangan
akan loyalitas dari seorang pelamar berpengalaman

c. Minat dari pencari kerja tersebut
Sering kita dijumpai dalam beberapa kesempatan adanya posisi tertentu dalam perusahaan yang
dipegang oleh karyawan tidak dari bidang pendidikan maupun pengalaman di bidang tersebut
Hal itu dikarenakan batasan posisi lowongan yang sudah penuh dan perusahaan memberikan
kesempatan kepada calon pelamar dengan kategori all major atau segala jurusan
Dan mungkin itu adalah sebuah tantangan sendiri untuk para pelamar
Namun bukankah akan lebih baik bila pelamar memiliki major yang sesuai dengan apa yang diinginkan
peserta lamar?

Nah sobat SIKER, beberapa hal tersebut semoga bermanfaat untuk memudahkan kalian mendapatkan
pekerjaan sesuai impian dan harapan ya

Demikian penjelasan saya mengenai aktivitas recruitment di suatu perusahaan
Semoga sobat SIKERS sukses dan cepat mendapat pekerjaan
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komen di kolom komentar di bawah ini

Salam sukses sobat SIKERS!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *