Memahami Persyaratan dan Kriteria Kebutuhan Karyawan di Perusahaan Besar

Memahami Persyaratan dan Kriteria Kebutuhan Karyawan di Perusahaan Besar

Bagikan ke

Hi sobat SIKERS!
Buat kamu yang ingin cepat dapat kerja
Sebaiknya kamu harus memahami aktivitas recruitment di suatu perusahaan
Jadi penasaran kan tentang aktivitas recruitment di suatu perusahaan?
Kita akan bahas seputar masalah rekrutmen di video ini
Yuk, mari kita mulai!

Terimakasih sobat SIKERS!
Sobat SIKERS! Sekarang kita akan membahas tentang memahami persyaratan kriteria karyawan

Persyaratan kriteria karyawan yang memenuhi kualifikasi perusahaan, yaitu sebagai berikut :
a. Seleksi administrasi karyawawan
Berkas yang masuk di email atau meja HRD harus sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan
oleh perusahaan yaitu harus memenuhi kualifikasi seperti :

– Latar belakang pendidikan
Bagi setiap kandidat pelamar tentu saja memiliki latar belakang pendidikan
Untuk kandidat terpilih yang masuk ke dalam seleksi administrasi, tentu saja harus memenuhi
kualifikasi latar belakang yang mencukupi
Kandidat pelamar harus memenuhi kualifikasi latar belakang yang diminta oleh perusahaan
Contoh, bila perusahaan memberikan persyaratan latar belakang pendidikan untuk posisi tertentu
minimal S1, maka kandidat terpilih adalah lulusan S1

– Latar belakang pengalaman
Bagi isetiap kandidat pelamar juga pasti memiliki latar belakang pengalaman yang mereka miliki
Ada kandidat pelamar yang berstatus fresh graduate atau memiliki pengalaman yang cukup
Biasanya untuk beberapa perusahaan menerima kandidat pelamar yang berstatus fresh graduate
Namun kebanyakan perusahaan, memilih kandidat berpengalaman sebagai bahan pertimbangan
untuk proses selanjutnya
Contoh, untuk posisi finance yang dibutuhkan adalah yang memiliki pengalaman minimal satu tahun
Maka kandidat terpilih adalah mereka yang memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun
atau lebih untuk posisi tertentu

– Usia
Biasanya HRD memiliki standar minimal untuk usia kandidat pelamar yang melamar di posisi tertentu
Untuk persyaratan usia biasanya berbeda-beda di setiap posisi tergantung dari kebijakan Manager
HRD atau User
Contoh, untuk kualifikasi yang dibutuhkan posisi finance adalah usia max 35 tahun
Maka kandidat yang dicari adalah yang setidaknya memiliki usia di bawah atau max 35 tahun

– Domisili
Pihak HRD akan menentukan domisili kandidat pelamar yang memenuhi kualifikasi yaitu seperti
domisili atau tempat tinggal kandidat pelamar yang meiliputi wilayah Jabodetabek
Biasanya perusahaan memberikan syarat domisili kandidat pelamar dikarenakan karena beberapa
faktor, yaitu
Lokasi perusahaan masih di sekitar area Jabodetabek
Agar tidak memberatkan kandidat pelamar untuk hadir psikotest atau interview di domisili yang
ditentukan agar tidak memberatkan kandidat yang terpilih yang menempuh perjalanan dari rumah
ke kantor

– Expected salary
Kandidat pelamar biasanya memiliki expected salary yang sesuai dengan harapan mereka di suatu
perusahaan
Biasanya ketika HRD sudah mengetahui expected salary kandidat pelamar lewat resume,
akan menjadi bahan pertimbangan bila expected salary yang diminta kandidat pelamar tidak sesuai
atau terlalu tinggi dari yang diharapkan perusahaan
Kandidat pelamar yang tersortir yang memiliki expected salary yang sesuai dengan perusahaan minta

Selanjutnya HR Recruitment memberikan resume kepada pihak manajemen untuk meminta rekomendasi
apakah kandidat tersebut sudah memenuhi kualifikasi yang diminta perusahaan atau belum

Demikian penjelasan saya mengenai aktivitas recruitment di suatu perusahaan
Semoga sobat SIKERS sukses dan cepat mendapat pekerjaan
Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komen di kolom komentar di bawah ini

Salam sukses sobat SIKERS!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *